Pada dasarnya eco art merupakan  pergerakan aktifitas yang dilakukan oleh seniman dengan memproduksi karya seni baik secara fisik dan non fisik bertujuan untuk mengkritisi maupun mendukung kondisi sekaligus relasi antara manusia, alam dan lingkungan sekitar.

Program eco art  Kader Hijau Muhammadiyah :

  1. Sederet Aksara : sebuah karya seni berupa tulisan puisi, pantun, dan quotes yang berisi tentang manfaat, pengaruh dan dampak permasalahan  dalam kelestarian alam lingkungan hidup.
  2. Poster/Lukisan  Hijau : sebuah karya seni berupa kata-kata bijak mutiara/Lukisan untuk mengajak pada anak-anak dalam pengenalan tentang lingkungan hidup dan dikemas secara menarik sehingga anak-anak mudah dibaca dan dipahaminya.
  3. Workshop/lokakarya : sebuah kegiatan atau acara yang dilakukan, dimana beberapa orang yang memiliki keahlian ( karya seni) di bidangnya berkumpul untuk membahas masalah tertentu dan mengajari para peserta.
  4. Nada KHM : sebuah karya seni melalui musikalisasi maupun musik nyanyian memakai alat tradisional maupun modern untuk mengajak, menghibur dan mengenalkan kepada masyarkat luas akan pentingnya melestarikan alam.

Bisa dilihat dan dirasa pada link berikut https://www.instagram.com/visualkhm/?hl=id