Maka pada 06 Rabiul Akhir 1440 H. bertepatan dengan tanggal 14 Desember 2018 M. Didirikan di kota Surabaya, Kader Hijau Muhammadiyah (KHM) sebagai salah satu organisasi dakwah komunitas, menjadi simpul gerakan alternatif kader Muhammadiyah dengan tujuan: “’Manifestasi Dakwah Muhammadiyah yang berlandaskan semangat pembebasan, pembaharuan dan pencerahan K.H. Ahmad Dahlan, dalam rangka menjaga dan mengupayakan kelestarian lingkungan Hidup”. Kesemuanya itu dilaksanakan secara bersama dengan menjunjung tinggi musyawarah atas dasar iman dan taqwa serta hanya mengharap ridha Allah SWT.

Dengan dilandasi semangat ketaqwaan kepada Allah SWT beserta segenap ciptaanNya, maka upaya pokok organisasi dakwah komunitas Kader Hijau Muhammadiyah (KHM) dalam mengaplikasikannya ialah dengan menyemai dan merawat semangat cinta lingkungan KHM di daerah-daerah di seluruh tanah air, khususnya di daerah-daerah konflik. Sehingga ucapan syukur terus bergema seiring dengan berdirinya KHM di beberapa daerah, di antaranya KHM Komite Surabaya, KHM Komite Lamongan, KHM Komite Bojonegoro, KHM Komite Tuban, KHM Komite Jember dan KHM Komite Kendari.

Dalam rangka menjawab berbagai problematika di Indonesia, dengan berlandaskan sebagaimana pada ‘Poin A’, utamanya pada ranah sosial-ekologis, maka diperlukan ikhtiar-ikhtiar KHM sebagaimana berikut:

  1. Menghimpun kader Muhammadiyah yang memiliki orientasi terhadap isu sosial-ekologis
  2. Membina kader Muhammadiyah dalam peningkatan kapasitas keilmuan dan pemahaman kritis terhadap persoalan sosial-ekologis
  3. Menggerakkan kader Muhammadiyah untuk aktif dalam upaya pendampingan masyarakat tedampak konflik sosial-ekologis